prodi-ikoProgram studi adalah kesatuan rencana belajar sebagai pedoman penyelenggaraan pendidikan akademik dan/atau profesional yang diselenggarakan atas dasar suatu kurikulum serta ditujukan agar mahasiswa dapat menguasai pengetahuan, keterampilan, dan sikap sesuai dengan sasaran kurikulum.

Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (Prodi IKO FISIP UMSU) saat ini di dipimpin oleh Nurhasanah Nasution, S.Sos, M.I.Kom sebagai Ketua Program Studi dan Akhyar Anshori, S.Sos, M.I.Kom sebagai Sekretaris Program Studi.

Visi Prodi IKO FISIP UMSU

Menjadi program studi unggulan dalam membangun peradaban bangsa melalui pengembangan Ilmu Komunikasi berdasarkan nilai-nilai Al Islam dan Kemuhammadiyahan

Misi Prodi IKO FISIP UMSU

  • Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran dalam bidang Ilmu Komunikasi.
  • Melaksanakan kegiatan penelitian dan pengembangan dalam bidang Ilmu Komunikasi.
  • Melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang Ilmu Komunikasi.
  • Menyelenggarakan pembinaan akademisi yang berlandaskan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan.
  • Melaksanakan kerja sama dengan berbagai pihak dalam pengembangan ilmu komunikasi untuk membangun peradaban bangsa.

Profil Lulusan Prodi IKO FISIP UMSU

1.Birokrat / Pegawai

Sarjana yang mampu mengaplikasikan bidang keahlian ilmu komunikasi dan memanfaatkan IPTEKS dalam tugas-tugas sebagai Birokrat/Pegawai.

2.Calon Pendidikan Komunikasi

Sarjana yang mampu mendidik  dan  melakukan pembelajaran Ilmu Komunikasi pada level dasar dan menengah

3.Peneliti Komunikasi

sarjana yang mampu melakukan pengamatan,penganalisaan dengan cermat terkait bidang kajian Komunikasi.

4.Jurnalis Media

sarjana yang mampu  dan trampil menulis, mendesain dan memproduksi berita dalam kerangka etika dan hukum media massa. peka dan mampu menganalisis terhadap kondisi sosial disekitarnya, membangun relasi dengan berbagai bidang profesi dan institusi komunikasi.

5.Pekerja Public Relations

Sarjana yang mampu dan trampil dalam berkomunikasi baik secara lisan maupun tulisan, serta mampu dan trampil dalam melakukakan riset publik, pencitraan, pemecahan masalah dan kampanye untuk mengembangkan hubungan dengan berbagai publik terkait.

6.Pekerja Broadcasting

Sarjana yang mampu dan trampil dalam menyusun perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan mengarahkan kegiatan produksi TV dan Radio