FISIP UMSU | Salma Kadisa, mahasiswi Program Studi Ilmu Komunikasi (IKO) FISIP Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) berhasil membawa nama harum kampusnya dalam ajang perlombaan CONNECT 2021 yang digelar Universitas Pendidikan Sultan Idris (UPSI) Malaysia.

Mahasiswi yang masih duduk di Semester 3 ini keluar sebagai Juara 2 dalam kategori video dengan tajuk My Culture My Pride.

“Alhamdulillah, saya berhasil sebagai Juara 2. Video yang saya bikin bercerita tentang beragam budaya negara Indonesia meliputi makanan khas, rumah adat, baju adat, tarian adat, wisata dari setiap provinsi di Indonesia,” ujarnya, kemarin.

Selain memperoleh sertifikat, Salma juga mendapatkan hadiah sejumlah uang dari panitia pelaksana.

Peserta dalam kegiatan ini berasal dari berbagai perguruan tinggi seperti Asia Pacific University, Tunku Abdul Rahman College, Taylor’s University College, Universiti Teknologi Mara, Universiti Malaysia Kelantan, Universitas Diponegoro, University Of Wollongong Malaysia KDU Glenmarie, Universiti Putra Malaysia, Universiti Pendidikan Sultan Idris, dan Universiti Teknologi Malaysia.

Salma Kadisa memenangkan perlombaan dengan kategori My Culture My Pride, yaitu pembuatan sebuah video berdurasi satu menit yang bertemakan tradisi dan budaya di daerah masing-masing yang diupload ke salah satu akun sosmed peserta.

“Kita senang dan gembira dengan prestasi ini. Ini juga sebagai bukti bahwa mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP UMSU mampu bersaing dan unggul di kancah internasional,” ujar Dekan FISIP UMSU, Dr. Arifin Saleh, MSP.

Penutupan kegiatan berskala internasional ini berlangsung akhir pekan kemarin. Dalam sambutannya di acara penutupan, Dekan Fakultas Bahasa dan Komunikasi UPSI Malaysia, Prof. Mastura merasa senang dengan kegiatan yang sudah berlangsung dan berharap ke depan bisa berlanjut dan ditingkatkan.

Selain tim juri, panitia pelaksana, dan mahasiswa dari berbagai negara, acara penutupan yang digelar dengan zoom meeting tersebut juga dihadiri Dekan FISIP UMSU Dr. Arifin Saleh, Ketua Prodi IKO Akhyar Ansori, dan mahasiswa IKO FISIP UMSU.

Sebelumnya, dalam rangkaian acara tersebut, Dosen Prodi IKO FISIP UMSU Nurhasanah Nasution, S.Sos, M.IKom, diminta sebagai salah satu panelis dalam Seminar dengan tema Forum Session: Fluid Communication through Generation in Education.

CONNECT UPSI adalah ajang perlombaan internasional yang berkaitan dengan ilmu komunikasi, dengan sasaran peserta mahasiwa jurusan Ilmu Komunikasi dari Indonesia, Malaysia, dan beberapa negara lainnya. HMJ IKO FISIP UMSU ikut berkolaborasi dan berpartisipasi aktif dalam kegiatan ini.

Kegiatan yang berlangsung awal September hingga awal Oktober 2021 itu memperlombakan beragam kategori, seperti My Culture My Pride, Speak to Connect, Design to Connect, Pop-up Pitch, dan Capturing Connect.

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara atau lebih dikenal dengan nama FISIP UMSU terdiri dari tiga (3) program studi andalan yaitu : 1. Kesejahteraan Sosial 2. Ilmu Komunikasi 3. Ilmu Administrasi Publik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *