FISIP UMSU | Dalam menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi, sejumlah dosen Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (IKO FISIP UMSU), melaksanakan kegiatan Program Kemitraan Masyarakat di SMK Yayasan Perguruan Harapan Stabat, Kabupaten Langkat. Jumat (4/6/21).

Ketua Tim Pengabdian Masyarakat Nurhasanah Nasution, S.Sos, M.I.Kom saat ditemui menjelaskan, fokus utama kegiatan ini mengenai Pemanfaatan Media Belajar Online Bagi Guru SMK Yayasan Perguruan Harapan Di Masa Pandemi Covid 19. Di mana pemanfaatan teknologi di era seperti sekarang ini sangat penting karena saat menggunakan teknologi informasi komunikasi yang ada baik guru maupun murid masih sangat rendah didalam pengusaan teknologi yang ada.

“Teknologi sekarang hidup secara berdamping dengan kita namun tidak semua orang mampu menggunakan teknologi yang ada dengan maksimal dan mampu memahami setiap manfaat dan fungsi dari teknologi yang digunakan tersebut dengan baik,” ujar Nurhasanah.

Drs. Zulfahmi, M.I.Kom salah satu anggota kelompok pengabdian menambahkan, banyak sekali model pembelajaran yang dilakukan di dalam masa pandemi seperti sekarang ini.

“Berbagai platform juga digunakan di dalam pembelajaran jarak jauh ini yang digunakan sebagai penunjang di dalam proses kegiatan belajar meng

ajar seperti google classroom, elearning, edmodo, zoom, google meet, whatsApp dan lain sebagainya yang mampu menjadi penunjang agar proses pembelajaran yang dilakukan mampu berjalan dengan baik meski dimasa pandemi seperti sekarang ini.” jelas zulfahmi.

Ditambahkan lagi oleh Faizal Hamzah Lubis, S. Sos, M.I.Kom, bahwa pandemi covid 19 ini mau tidak mau, suka tidak suka harus memang harus dihadapi. Menurutnya idealnya pendidik harus melek media.

Dijelaskannya, adanya teknologi media pembelajaran saat ini tentu sangat memudahkan didalam menjalankan berbagai macam pelajaran dimasa pandemi Covid-19 saat ini. Dan merasakan proses pembelajaran secara daring tentu menimbulkan berbagai argumentasi mengenai keberlangsungan proses belajar dan mengajarnya. Dikatakannya, selain banyak terjadi perubahan keefektifan dan keaktifan belajar tentu saja hal ini sangat menuntut secara logis maupun materil dari segi kesiapan penujangnya.

“Oleh karena itu, Dosen IKO FISIP UMSU tersebut dalam pengabdian masyarakat berusaha memberikan edukasi kepada Guru-guru SMK Harapan Stabat, Kabupaten Langkat, agar mempunyai trik dan wawasan dalam pemanfaatan media Belajar kepada siswa siswa secara daring” terang Faizal.

Sementara Euis laylatul khadariyah, S.Sos, M.Pd, selaku dari yayasan mengatakan bahwa kegiatan ini sangat berguna sebagai bahan

sharing antar tenaga pendidik yg mana pemanfaatan media belajar online dimasa pandemi covid – 19 saat ini menjadi alat bantu mengajar yang paling penting dan utama karena adanya larangan tatap muka untuk sekolah.

“Diharapkan kegiatan seperti ini tidak hanya berhenti disini saja semoga akan ada kegiatan sharing selanjutnya dgn tema yg berbeda.” ujar Alumni dari Kesejahteraan Sosial FISIP UMSU.

Kepala Sekolah SMK Harapan Stabat yang diwakili oleh Wakil Kepala Sekolah Drs. Suyadi, saat membuka acara mengatakan, dengan adanya kegitan pengabdian ini sangat bermanfaat sekali bagi guru-guru, terutama dalam hal pemanfaatan media yang ada saat ini.

“Kehadiran teman-teman akademisi dari FISIP UMSU akan semakin cakrawala baru dalam memanfatkan media belajar yang efektif dimasa covid 19 ini,” tandas Suryadi.

Kegiatan ini turut serta di hadiri oleh Dosen FISIP UMSU Sigit Hardiyanto, S.Sos, M.I.Kom, Muhammad Gusti, S.Sos, M.AP dan Mahasiswa FISIP UMSU Fauzan dan juga guru-guru SMK Harapan Stabat.(*)

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara atau lebih dikenal dengan nama FISIP UMSU terdiri dari tiga (3) program studi andalan yaitu : 1. Kesejahteraan Sosial 2. Ilmu Komunikasi 3. Ilmu Administrasi Publik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *