FISIP UMSU | Dalam rangka meningkatkan kreativitas berdakwah di era digital sekarang ini, 3 Dosen dari Program Studi Ilmu Komunikasi (IKO) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (FISIP UMSU) memberikan pembelajaran desain grafis kepada para kader Pimpinan cabang Ikatan Pelajar Muhammadiyah (PC IPM) Medan Area, Jum’at (28/5/21)

Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh dosen-dosen ini, diketuai oleh Faizal Hamzah Lubis, S.Sos, M.I.Kom dan beranggotakan Fadhil Pahlevi Hidayat, M.I.Kom, Sigit Hardiyanto, S.Sos, M.I.Kom serta beberapa mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP UMSU.

Kegiatan yang bertajuk ‘Pembelajaran Desain Grafis Untuk Meningkatkan Kreativitas Kader PC IPM Medan Area Dalam Berdakwah Di Era Digital’ itu dilaksanakan secara tatap muka dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan dan diikuti oleh para kader PC IPM Medan Area, Medan.

Kegiatan pelatihan dipandu oleh Sigit hardiyanto, S.Sos, M.I.kom sekaligus memberikan materi pertama sebagai narasumber yakni tentang Penguatan Kelembagaan organisasi di Era Digital.

Dalam materinya ia mengatakan bahwa bagaimana mengelola organisasi baik dari manajemen organisasi di era digital saat ini . Contohnya, sosial media menjadi magnet yang kuat pengaruh besar dalam pengelolaan organisasi.

Narasumber selanjutnya, Fadhil Pahlevi Hidayat, M.I.Kom dengan tema Pemanfaatan dan Perkembangan Dunia Digital menjelaskan, bahwa tujuan akhir kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan desain grafis kader IPM dalam membuat kreativitas dakwah.

Dalam hal ini diberilah pembelajaran bagaimana tentang teknik dasar terkait desain, aplikasi apa saja yang bias digunakan dalam mendisain.

Di sela-sela pelatihan, Faizal Hamzah Lubis, S.Sos, M.I.Kom selaku narasumber yang memberikan pelatihan menyebutkan bahwa desain yang elok termasuk desain yang akan dipublish di sosial media tidak hanya menawarkan produk saja melainkan dengan memberi konten yang bermanfaat sehingga followers akan merasa terbantu dengan postingan yang diunggah.

“Dalam membuat desain juga harus menerapkan AIDA, yakni; Attention (menarik perhatian), Interest (jalan cerita), Detail (hasil akhir/kesimpulan), dan terakhir Action (melakukan ajakan) yang sesuai dengan cita-cita Muhammadiyah “Amar Makruf Nahi Mungkar”. jelas Faizal, yang juga sebagai dosen Komunikasi Desain Grafis Ilmu Komunikasi FISIP UMSU.

Kader PC IPM Medan Area sangat antusias saat mengikuti pelatihan desain grafis ini. Hal itu karena, menurut mereka, pelatihan ini sangat mudah dipahami dan diaplikasikan dalam membuat media promosi di media sosial. (*)

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara atau lebih dikenal dengan nama FISIP UMSU terdiri dari tiga (3) program studi andalan yaitu : 1. Kesejahteraan Sosial 2. Ilmu Komunikasi 3. Ilmu Administrasi Publik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *