FISIP UMSU | Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan ( Menko PMK) Prof Dr Muhadjir Effendy mengapresiasi buku berjudul “Peristiwa Dalam Bingkai Foto Jurnalistik ” karya Dosen Komunikasi FISIP UMSU Dr Muhammad Said Harahap SSos MIKom.

Hal tersebut disampaikannya saat menerima buku tersebut dari Said Harahap ketika menghadiri Anugerah Pewarta Foto Indonesia ( APFI) 2021 di Perpustakaan Nasional Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Jum’at, 2 April 2021.

Menurutnya dedikasi seorang pewarta foto yang juga menggeluti bidang akademisi dibutuhkan dalam membantu mengembangkan kemajuan literasi fotografi dan foto jurnalistik

Pada kesempatan itu, Said Harahap juga menyerahkan bukunya kepada Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi yang juga hadir pada acara tersebut.

Muhadjir, buku ini diharapkan memberikan inspirasi dan motivasi kepada berbagai pihak untuk turut berpartisipasi dalam upaya mencerdaskan dan memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang kebermanfaatan peran foto jurnalistik dalam menyampaikan pesan dari komunikasi visual, serta mewujudkan keseimbangan antar sesama dalam lehidupan bermasyarakat.

”Untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat, yang paling dipentingkan adalah implementasi, jangan asumsi, atau cuma omongan. Karena itu jurnalis yang tergabung dalam Pewarta Foto Indonesia sangat penting”, ujar Muhadjir.

Muhajir Effendy dalam sambutannya pada acara APFI 2021 bercerita tentang pengalamannya saat menjadi wartawan foto ditahun 1970 an, ketika itu beliau menjadi jurnalis lepas untuk majalah dan media nasional.

Ketua Pewarta Foto Indonesia, Reno Esnir mengatakan, Muhammad Said Harahap dikenal sebagai sosok fotografer jurnalis yang memiliki kepedulian tinggi terhadap isu-isu konservasi khususnya sosial dan kemasyarakatan.

Kiprahnya yang hadir sebagai jurnalis selama lebih dari 20 tahun, dinilai telah menunjukkan peran penting media dalam menjembatani kebijakan, program dan kegiatan pemerintah kepada masyarakat. Serta menggugah kesadaran masyarakat untuk berpartisipasi dalam upaya menjaga lingkungan hidup dan sosial, buku foto jurnalistik karya Muhammad Said Harahap menunjukkan kekuatan foto jurnalistik dalam membangun sebuah perubahan yang lebih baik lagi.

” Muhammad Said Harahap adalah sosok jurnalis yang tergabung dalam Pewarta Foto Indonesia (PFI) Medan begitu akrab dengan dunia jurnalistik khusunya fotografi,” kata Reno.

Sementara itu, Said Harahap mengungkapkan kegembiraannya atas apresiasi dari Menteri PMK, Muhadjir Effendy.

” Nasehat dari Pak Muhajir menjadi motivasi bagi saya untuk lebih berkarya lagi,”ujar Said.

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara atau lebih dikenal dengan nama FISIP UMSU terdiri dari tiga (3) program studi andalan yaitu : 1. Kesejahteraan Sosial 2. Ilmu Komunikasi 3. Ilmu Administrasi Publik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *