Sebanyak 21 laporan praktik penelitian lapangan bidang perencanaan pembangunan dan kebijakan Publik Program Studi Ilmu Administrasi Publik diseminarkan di aula FISIP UMSU lantai 2, Senin (8/2).

Ketua Prodi IAP, Nalil Khairiah, S.IP, M.Pd menjelaskan bahwa seminar hasil PPL dilakukan untuk menguji kompetensi mahasiswa dalam menganalisis isu dan masalah pembangunan dari perspektif perencanaan secara kritis akademis.

“Sehingga dari kemampuan ini mereka diharapkan dapat memberikan solusi permasalahan pembangunan,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Nalil, dalam seminar ini mahasiswa juga menganalisis berbagai kebijakan daerah sehingga dapat menyusun naskah akademik sederhana dengan mengacu pada Undang-undang Nomor 12 Tahun 2011.

Kemudian Sekretaris Prodi IAP Ananda Mahardika menambahkan, bahwa Kegiatan ini dilaksanakan dikampus dengan dibagi 2 sesi yakni sesi pertema pukul 8.00 sampe 12.00 dan sesi kedua pukul 14.00 sampe pukul 16.00.

“Kegiatan ini tetap mematuhi protokol kesehatan, yang mana setiap peserta tetap menggunakan masker dan mencuci tangan sebelum memasuki ruangan,” jelas Ananda.

Kegiatan Seminar PPL Prodi IAP diikuti oleh 81 peserta, dan sebelumnya pada Sabtu, (6/2) dibuka secara daring langsung oleh Dekan FISIP UMSU Dr. Arifin Saleh, MSP.

Dengan pemaparan laporan hasil Praktik Pengenalan Lapangan ini, maka terwujud pelaksanaan tridharma PT sekaligus, yakni pendidikan, penelitian dan pengabdian yang hasilnya diharapkan dapat bermanfaat dalam pengembangan ilmu administrasi publik.

Kegiatan ini juga sekaligus merealisasikan kurikulum KKNI dan kurikulum Kampus Merdeka, karena kegiatan ini dilakukan di 15 instansi pemerintahan yang tersebar di 6 Kabupaten Kota, yakni Kota Medan, Pemprov Sumut, Kabupaten Deli Serdang, kabupaten Langkat, Madina, dan Tobasa. (*)

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara atau lebih dikenal dengan nama FISIP UMSU terdiri dari tiga (3) program studi andalan yaitu : 1. Kesejahteraan Sosial 2. Ilmu Komunikasi 3. Ilmu Administrasi Publik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *