Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (FISIP UMSU)  menjalin kerjasama dengan lima media online di Medan. Kegiatan ini dirangkai dengan kegiatan seminar ilmiah dengan tema “Peluang dan Tantangan Media Online di Era Industri 4.0”.

Lima media online yang menjalin kerjasama dengan FISIP UMSU adalah, Antara SumutRMOL SumutIndoMedia.coHarianMedan.com, dan TAJDID.ID.

Kerjasama dikukuhkan lewat penandatanganan nota-kesapahaman (MoU) yang diteken oleh Dekan FISIP UMSU Dr Arifin Saleh Siregar MSP dengan 5 perwakilan media online; Agung Novyantara (Antara Sumut), Jonris Purba (RMOL Sumut), Suwardi Sinaga (IndoMedia.co), Akbar Pribadi (BeritaMedan.com), dan M. Risfan Sihaloho (TAJDID.ID).

Kegiatan yang disaksikan ratusan mahasiswa itu juga dihadiri WD 1 FISIP Zulfahmi Ibnu, M.IKom, WD 3 Abrar Adhani, M.IKom, Ketua Prodi Ilmu Komunikasi Nurhasanah, M.IKom, Sekretaris Prodi Akhyar Anshari, M.IKom, Ketua Prodi Kessos Mujahiddin MSP, Sekretaris Prodi Yurisna Tanjung MAP, dan beberapa dosen seperti M. Said Harahap M.IKom, M.Toriq M.IKom, Faisal Hamzah Lubis M.IKom, Sigit M.IKom.

Dekan FISIP UMSU, Arifin Saleh mengatakan,  MoU dengan lima media online tersebut mereka lakukan dalam rangka menyesuaikan kebutuhan perguruan tingi dengan era revolusi industri 4.0 dan juga untuk memberi wawasan dan pengetahuan baru kepada para mahasiswa  dalam bidang media, perkembangan teknologi, dan juga peluang usaha.

“Kita sangat butuh berkolaborasi dengan pihak-pihak yang berkompeten terutama dalam bidang publikasi online dan untuk membuka cakrawala berpikir mahasiswa kita,” katanya dalam sambutan pada acara yang di gelar di Aula Kampus UMSU, Jalan M Basri, Medan, Kamis (6/2).

Lebih lanjut Arifin menjelaskan, alasan memilih media online sebagai mitra kerjasama adalah didasari pertimbangan rasional untuk menyahuti  tren dari perkembangan tegnologi dan industri media massa yang memang telah mengalami transisi dari media cetak ke media online.

“Ini keniscayaan yang tidak bias pungkiri, bahwa dalam beberapa tahun terakhir ini, akibat penetrasi dunia digital yang begitu dahsyat  telah menyebabkan terjadi proses migrasi pola baca dari media cetak ke media online,” ujar Arifin.

Ia mengutip data hasil survei yang Nielsen Consumer & Media View, bahwa pada tahun 2014 jumlah pembaca media cetak di Indonesia masih cukup mendominasi, kani sekitar 9.5  juta pembaca . Namun selang beberapa tahun data itu berbalik drastis.

“Pada tahun 2017 jumlah pembaca media cetak merosot tajam, tinggal 4,5 juta orang. Sementara sebaliknya jumlah pembaca media online justru mengalami peningkatannya yang signifikan, yakni 6 juta pembaca,” ungkapnya.

Sementara itu, WD III FISIP UMSU  Abrar Adhani dalam laporannya mengatakan, kerja sama yang dibangun antara FISIP UMSU dengan lima media online tersebut dilakukan dalam bentuk sinergi dengan semangat saling membesarkan. Media online akan menjadi mitra dalam berbagai event yang digelar di UMSU termasuk dalam penerbitan karya-karya tulis.

“Ruang lingkup kerja sama juga meliputi pengembangan sumber daya manusia masing-masing lembaga, pengabdian masyarakat, penerbitan, dan kegiatan lainnya yang tujuannya untuk pengembangan masing-masing lembaga,” jelasnya.

Usai penandatanganan MoU, dilanjutkan seminar ilmiah bertema Peluang dan Tantangan Media Online di Era Revolusi Industri 4.0 yang dipandu oleh Muhammad Zeini Zein M.IKom.

Ratusan mahasiswa yang memadati aula terlihat antusias dalam mengikuti rangkaian kegiatan hingga selesai.

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara atau lebih dikenal dengan nama FISIP UMSU terdiri dari tiga (3) program studi andalan yaitu : 1. Kesejahteraan Sosial 2. Ilmu Komunikasi 3. Ilmu Administrasi Publik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *