FISIP UMSU | Sebanyak 200 foto hasil karya mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi (Prodi IKO) FISIP UMSU dipamerkan di aula utama Taman Budaya Sumatera Utara (TBSU), Jalan Perintis Kemerdekaan, Medan selama dua hari, Sabtu-Minggu (14-15/3).

Pameran foto bertema Human Interest Budaya Sumatera Utara yang dibuka resmi Wakil Rektor 3 UMSU Dr. Rudianto M.Si mendapat sambutan antusias dari mahasiswa dan undangan lainnya.

Ratusan foto memenuhi semua dinding yang ada di aula TBSU dan di partisi tambahan yang diletak di dalam aula.

Foto-foto menggambarkan suasana berbagai hidup dan kehidupan masyarakat di Sumatera Utara. Pemandangannya terlihat menarik, karena selain bantuan pencahayaan, foto-foto yang dipamerkan juga penuh warna-warni dengan berlatar bingkai hitam.

Di bawah foto yang dipamerkan tertulis nama masing-masing mahasiswa pemilik foto, kelas, dan nomor pokok mahasiswa.

Ketua Panitia, Muhammad Husin dalam sambutannya menyampaikan foto yang dipamerkan ini murni hasil karya mahasiswa Prodi IKO angkatan 2018. “Idenya muncul di kelas ketika mengikuti mata kuliah Fotografi yang diasuh dosen Pak Muhammad Said Harahap. Kami semua sepakat untuk melaksanakan pameran foto hasil karya kami sendiri setelah belajar di kelas,” jelasnya.

Selain pameran foto, kegiatan itu juga diisi live music, stand up comedy, dan workshop fotografi. Workhsop fotografi mendatangkan narasumber Septianda Perdana dan Putra Siagian.

Muhammad Said Harahap, M.IKom, dosen pengasuh mata kuliah Fotografi menyambut positip ide dan kreasi mahasiswanya. ‘Saya senang dengan adanya pameran foto ini. Antusiasme mahasiswa untuk ikut memamerkan foto hasil karyanya sangat tinggi. Fotonya bagus-bagus.

Hasil Karya Foto Mahasiswa di Pamerkan

Semuanya mereka yang mengerjakan, dari memoto di lapangan, mengedit, mencetak, membingkai, serta melaksanakan pameran ini,” kata Said yang juga Kepala Lab Fotografi FISIP UMSU.

Dekan FISIP Dr. Arifin Saleh MSP, ketika menyampaikan sambutan mengatakan pameran foto hasil karya mahasiswa sampai 200 foto sebanyak ini jarang ada. Apalagi kalau foto-foto yang dipamerkan muncul dari hasil pembelajaran di kelas dan tema fotonya juga seragam dengan satu tema.

“Salut untuk mahasiswa dan dosen pengasuh mata kuliah. Mudah-mudahan ini akan kita jadikan agenda tahunan Prodi IKO FISIP. Tahun depan giliran angkatan 2019 yang kita harapkan bisa memamerkan hasil karya fotonya,” ujarnya.

WR 3 UMSU Dr. Rudianto, M.Si dalam arahannya mendukung penuh kegiatan yang dilakukan mahasiswa Prodi IKO. Menurutnya, ini salah satu wujud dari konsep kampus medeka berupa pembelajaran di luar kelas, seperti yang digaung-gaungkan Menteri Pendidikan Nadim Makarim.

“Hebatnya, di saat kementerian sedang menggodok sistem dan aturan mainnya, kita IKO FISIP sudah melaksanakannya. Apalagi nanti ada juga workshop fotografi. Manfaatkanlah kesempatan ini. Banyak fotografer sukses dari kegiatan-kegiatan seperti ini,” bebernya. Dalam kesempatan itu Rudianto memilih membeli beberapa foto.

Acara pembukaan juga dihadiri WD 1 FISIP Zulfahmi Ibnu, M.IKom, WD 3 Abrar Adhani, M.IKom, Ketua Prodi IKO Nurhasanah M.IKom, Ketua Prodi Kessos Mujahiddin MSP, Sekretaris S2 MIKOM Muhammad Toriq M.IKom, Kabiro Humas Dr. Ribut Priadi, Kepala Lab Penyiaran Faizal Hamzah Lubis, S.Sos, M.I.Kom, Kepala Lab Sospol Sigit Hardiyanto, S.Sos, M.IKom dan dosen lainnya.

Sebelumnya, Ketua Pewarta Foto Indonesia (PFI) Medan Rahmat Suryadi mengaku senang dengan kreatifitas mahasiswa IKO FISIP UMSU. ”Saya sudah lihat keliling. Fotonya bagus-bagus. Perkembangan dan persaingan fotografi di Sumut cukup cepat dan ketat.

Alhamdulillah, IKO FISIP sudah unggul dengan yang lain. Kebutuhan fotografer seringkali terpenuhi dari alumni IKO FISIP,” kata Rahmad yang pada kesempatan itu memberi apresiasi dengan membeli beberapa foto.

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara atau lebih dikenal dengan nama FISIP UMSU terdiri dari tiga (3) program studi andalan yaitu : 1. Ilmu Kesejahteraan Sosial 2. Ilmu Komunikasi 3. Ilmu Administrasi Negara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *