004-foto-studi-alam-iksHimpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial (HMJ-IKS) FISIP UMSU kembali melaksanakan kegiatan Studi Alam yang kelima dengan tema . Hal ini dikatakan langsung oleh Ketua HJM IKS FISIP UMSU Faizul Hamdi Hasibuan.

“Kegiatan ini merupakan agenda tahunan HMJ IKS FISIP UMSU, di mana pada tahun ini kami mengambil tema kegiatan; membentuk pola pikir mahasiswa kesejahteraan sosial yang kritis dan idealis serta menumbuh kepedulian sosial sesuai dengan tri darma perguruan tinggi,” jelasnya.

Lebih lanjut Faizul mengatakan, tujuan utama dari pelaksanaan studi alam ini adalah peningkatan pemahaman mahasiswa IKS terkait orientasi dari Program Studi IKS itu sendiri. Selain itu dari kegiatan ini juga diharapkan dapat mempererat hubungan tali silaturrahmi antara mahasiswa baru dengan pengurus HMJ IKS, para senior, alumni, dosen dan pimpinan program studi.

“Makanya seluruh element civitas akademika IKS FISIP UMSU dilibatkan pada kegiatan ini. Mulai dari pimpinan prodi, dosen, alumni, para senior, dan pengurus HMJ IKS. Hal ini dikarenakan agar adik-adik mahasiswa baru ini bisa mengenal prodi ini secara lebih luas tidak hanya dari sisi akademiknya saja tetapi juga dari sisi silaturrahminya,” ungkapnya.

Selain itu, Faizul juga mengungkapkan kegiatan yang dilaksanakan di Vila Sayum Sabah Sembahe pada tanggal 14 sampai dengan 16 Oktober 2016 ini banyak memberikan materi-materi yang bermanfaat bagi mahasiswa yang baru. Mulai dari materi kepemimpinan, struktur organisasi kampus, pengenalan prodi, etika forum dan mekanisme persidangan serta administrasi kesekretariatan.

“Jadi kami berharap dengan materi-materi yang ada pada kegiatan studi alam ini, adik-adik mahasiswa IKS Stambuk 2016 ini bisa lebih memahami dunia kemahasiswaan dan perkuliahan itu sendiri,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Prodi IKS FISIP UMSU Arifin Saleh mengatakan kegiatan studi alam yang dilaksanakan oleh HMJ IKS ini sangat positif dan perlu mendapat dukungan. Sebab bagaimanapun, menurut Arifin Saleh, HMJ adalah organisasi kemahasiswaan yang berada langsung di bawah naungan prodi.

“Itu sebabnya, agenda-agenda yang selama ini dilaksanakan oleh HMJ IKS sangat memberikan konstribusi kepada program studi. Apalagi tujuan dari kegiatan ini juga untuk memperkenalkan IKS itu secara lebih luas dan itu sangat memberikan pengaruh yang positif terhadap prodi. Maka program seperti ini harus kita dukung,” jelasnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Dekan FISIP UMSU Tasrif Syam. Menurutnya apa yang dilakukan oleh HMJ IKS melalui program studi alam ini sangat membantu program studi dalam memperkenalakn Ilmu Kesejahteraan Sosial itu sendiri.

“Jadi pada hakikatnya, agenda-agenda seperti ini perlu kita dukung. Apalagi, mahasiswa IKS memang harus bisa berpartisipasi dan berbaur di tengah masyarakat, sehingga kegiatan studi alam ini sangat membantu mahasiswa yang baru masuk untuk bisa melihat dan memahami realitas masyarakat  dalam prespektif IKS itu sendiri,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *